• Siang Dok,,, (pertanyaan yg lengkap)

    Sebelumnya di wajah timbul jerawat yg masih kecil di pipi kanan & kiri,, di pipi kiri bentuknya kaya bentol digigit nyamuk agak lebar & terasa lembek,, lalu saya memakai masker bawang putih & madu sekitar 1,5 jam, setelah saya bersihkan jerawat di pipi kiri tidak kempes tapi malah membesar (sgt terlihat ada benjolan & jadi keras, kalo di diusap dgn tisu keluar semacam cairan yg saya rasa seperti nanah tapi seperti air walupun sedikit berwarna merah,, di pipi kanan juga seperti itu tapi tidak terlalu besar & tidak keluar cairan,..

    Ini kenapa ya dok,,? Apakah tidak cocok atau masih dari proses ya,,? Atau ini menyebabkan radang,,?

    Terima Kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Jerawat atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai acne vulgaris merupakan salah satu penyakit kulit yang dialami oleh hampir tiap orang. Ada beberapa tipe jerawat mulai dari komedo ( baik komedo putih / white komedo dan komedo hitam/ black komedo), papul (penonjolan berukuran kurang dari 0,5 cm), pustul ( penonjolan berisi nanah) dan lain sebagainya. Ada beberapa penyebab jerawat mulai dari penumpukan kotoran dan sel – sel kulit mati di pori, produksi minyak yang berlebihan, adanya bakteri penyebab jerawat, faktor hormonal dan lain sebagainya. Biasanya terdapat beberapa kombinasi penyebab  yang merangsang terbentuknya jerawat.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat. Terkadang pasien mencoba menggunakan cara – cara alamiah seperti mengoleskan jerawat dengan bawang putih. Sayangnya tindakan ini seringkali menimbulkan masalah baru berupa kulit yang memerah, jerawat yang makin besar hingga kulit yang seperti melepuh. Keluhan – keluhan ini biasanya terjadi karena kulit yang iritasi akibat penggunaan bawang. Seperti yang kita ketahui bawang jika dioleskan akan menimbulkan rasa panas sehingga membuat kulit terluka dan malah meningkatkan proses infeksi yang terjadi dan bahkan luka bakar. Oleh karena itu baiknya anda tidak melanjutkan tindakan tersebut. Konsultasi lah secara langsung ke dokter untuk mendapat pengobatan yang terbaik.

    Silakan baca artikel berikut:

    Jerawat Sering Muncul, Kenapa?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cara Menghilangkan Jerawat Menurut Dokter

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.