• Dokter. Saya ingin bertanya. Bagaimana cara menghilangkan kista yang berada di luar rahim? Terus apakah orang yang punya kista tidak bisa punya anak?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kista bisa ditemukan di beberapa bagian tubuh, tidak hanya di organ reproduksi seperti rahim, ovarium, namun juga bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya seperti mukosa mulut dan lain sebagainya. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menyebutkan lokasi pasti dari kista tersebut. Salah satu kista yang sering terjadi pada organ reproduksi adalah kista ovarium. Kista ini bisa muncul tidak hanya satu namun beberapa kista sekaligus yang disebut sebagai Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau sindrom polikistik ovarium.

    Penyakit ini sering terjadi pada wanita usia reproduktif akibat gangguan pada sistem endokrin . Kista ovarium bisa menyebabkan gangguan siklus mens dan menyebabkan sulit untuk mendapat keturunan.

    Pengobatan kista  ovarium lebih tertuju untuk mengatasi gejala yang muncul, seperti infertilitas, acne (jerawat) ataupun obesitas. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan yaitu antara lain:

    1. Perubahan gaya hidup misalnya upaya menurunkan berat badan dengan diet rendah kalori pada orang yang obesitas dan juga olahraga.
    2. Obat – obatan:
      Pemberian obat hormonal seperti pil estrogen dan progesteron untuk memperlancar mens; Pemberian obat untuk menstimulus ovulasi yang biasa diberikan pada pasien yang sedang berupaya untuk hamil, misal clomiphen, injeksi FSH dan LH, dan lain sebagainya; Dan lain sebagainya
    3. Tindakan operatif kadang diperlukan untuk pasien kista ovarium yang mengalami infertilitas dan tak kunjung mengalami ovulasi meskipun sudah mendapatkan terapi obat-obatan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Kista Ovarium

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cara Menghilangkan Kista di Luar Rahim

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.