• Mau nanya dok, saya udah mengalami biduran selama 3 bulan tidak sembuh tuntas awalnya muncul waktu saya bekerja di pabrik serbuk minuman setiap pulang kerja pasti muncul tapi kalau lagi kerja hilang sendiri dan Kalau minum obat sembuh nanti kalau udah 2 hari setelah minum obat kambuh lagi. Bagaimana cara mengobatinya dok agar hilang sembuh dan tidak kambuh lagi?

    Selamat Pagi.

     

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

     

    Biduran dalam istilah kedokteran disebut juga dengan urtikaria. Biduran merupakan suatu reaksi pembuluh darah yang terlihat di kulit dengan gambaran klinis berupa bentol – bentol yang bersifat sementara dan biasanya disertai keluhan gatal. Keluhan ini bisa hilang dalam waktu beberapa jam hingga beberapa hari, biasanya bisa sembuh sendiri namun juga sering sekali berulang.

     

    Banyak faktor – faktor pencetus muncul dan berulangnya keluhan biduran yaitu antara lain:

    • Obat –obatan tertentu dapat mencetuskan serangan, misal antibiotik, analgetik dsb.
    • Kontaktan tertentu misal: kutu binatang, serbuk tekstil, air liur binatang, tumbuh – tumbuhan, buah – buahan, bahan kimia, kosmetik dan masih banyak lagi
    • Infeksi
    • Gigitan serangga
    • Alergi terhadap cuaca, baik cuaca yang terlalu dingin ataupun panas ataupun karena perubahan suhu udara yang mendadak.
    • Alergi terhadap makanan tertentu juga bisa menyebabkan keluhan ini, misal alergi udang, kepiting, telur, coklat, kacang – kacangan dsb.
    • Sebab lain

     

    Pengobatan terpenting adalah dengan menghindari paparan. Menghindari diri dari paparan faktor pencetus urtikaria membuat keluhan tidak bertambah berat dan menurunkan frekuensi berulangnya keluhan biduran. Selain itu pemberian antihistamin ataupun kortikosteroid juga bisa membantu mengatasinya. Biduran bisa karena faktor keturunan namun bisa juga tidak.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membant

     

Beranda Tanya Dokter Cara Mengobati Biduran Secara Tuntas dan Tidak Kambuh Lagi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.