• Dok,,, saya punya penyakit herpes udh 4thn yg lalu, sempat berobat 3x tp sayangnya obatnya tidak saya mnm smpe hbis. Munculnya cm di sekitar bokong aja gk pernah d daerah lain! Setiap 3bln skli pasti herpes saya muncul lagi, tp skrg jd mkin sering hmpir tiap bln muncul! Wkt tu saya di ksh resep acyclovir, tp memang saya tdk prnh kontrol lg,,, karena biayanya rda mhal 1x berobat bisa 500rb tu jga hrus setiap mgg! Yang saya tanyakan sebaiknya apa yg hrus saya lakukan dan apa obat untuk penyakit saya??

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com
    Sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya ingin menanyakan terlebih dahulu. Penyamit herpes apa yang anda alami? Sebagai informasi untuk anda, herpes terdiri dari dua jenis yaitu herpes zoster dan herpes simpleks.. kedua penyakit herpes ini disebabkan oleh virus yang berbeda. Herpes zoster disebabkan oleh virus yang sama dengan cacar yaitu varicela zoster virus. Namun herpes simpleks disebabkan oleh herpes simpleks virus.

    Herpes simpleks sering berulang. Namun herpes zoster biasanya hanya terjadi 1 kali dan jarang berulang meskipun pada beberapa kasus ada yang mengalami infeksi ulang. Pada umumnya, virus herpes yang menginfeksi tidak bisa dilenyapkan secara sempurna, virus biasanya dorman sehingga dapat terjadi kekambuhan ketika ada faktor – faktor yang mencetuskan. Faktor pemicu berulangnya herpes adalah karena daya tahan tubuh yang menurun, kelelahan, nutrisi yang kurang dan lain sebagainya. Oleh kerena itu penting untuk menjaga daya tahan tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, istirahat cukup, olahraga, hindari stress dan lain sebagainya.

    Namun sebaiknya anda memeriksakan kembali kondisi kesehatan anda ke dokter karena banyak penyakit kulit lainnya yang memiliki gejala klinis menyerupai herpes, misalnya dermatitis herpetiformis, pemfigus dan masih banyak lagi .
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cara Mengobati Herpes yang Kambuh Lagi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.