• Dok umur saya 16 tahun, saat ini sedang berpuasa, gimana ya dok mengobati sariawan dibibir dan sakit tenggorokan yang bikin badan jadi panas dingin?

    Terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sariawan atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai stomatitis merupakan peradangan pada mukosa di rongga mulut. Sariawan bisa terjadi pada bibir, gusi, hingga lidah. Sariawan bisa terjadi karena trauma atau benturan pada rongga mulut misalnya karena menyikat gigi terlalu kuat, tak sengaja tergigit, kekurangan vitamin, hingga karena infeksi pada rongga mulut. Infeksi bisa terjadi karena virus, jamur atau mikroorganisme lainnya. Kebersihan mulut yang tak terjaga juga bisa menjadi faktor resiko terjadinya sariawan, misal karena gigi yang banyak berlubang, adanya karang gigi dan lainnya. Sariawan sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya namun bisa juga diberi obat penghilang nyeri untuk mengurangi keluhan sakit akibat sariawan.

    Sakit tenggorokan bisa terjadi karena daya tahan tubuh yang menurun sehingga mudah terjadi infeksi. Paling sering terjadi akibat infeksi virus. Sakit tenggorokan juga bisa karena kekurangan cairan (dehidrasi) dan nutrisi.  Keluhan ini bisa berkaitan juga dengan keluhan sariawan yang anda alami.

    Ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keluhan – keluhan yang anda rasakan yaitu sebagai berikut:

    Upayakan untuk menjaga kebersihan mulut.
    Perbanyak asupan cairan.
    Jaga asupan nutrisi anda sehingga sesuai dengan kebutuhan. Konsumsi supelemen yang mengandung vitamin B12, vitamin C dan juga zat besi
    Konsumsi obat penghilang nyeri seperti paracetamol, ibuprofen dan lainnya.
    Bisa diberikan obat sariawan seperti GOM, atau obat sariawan lainnya yang dijual bebas.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Cara Mengobati Sariawan dan Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.