• Siang Dok,,

    Saya sudah lama sekali flu, waktu beberapa tahun yang lalu, wktu saya demam dan diperiksa, dokter mengatakan saya ISPA,, tetapi beberapa minggu kemarin saya ngeflu dan ingus saya berwarna hijau pekat dan berbau dan 3 hari kemudian ingus saya terdapat darah, dan ketika itu kepala saya pusing dan telinga saya nyeri dan sampai hari ini pun saya masih ngeflu dan warna ingus saya sudah kecoklatan bahkan seperti kehitaman,, saya mau menanyakan apa penyebab perubahan ingus yang saya alami dan apakah itu salah satu pertanda penyakit ISPA saya sudah parah atau penyakit lain??? apa yang harus saya lakukan dok?? Mohon jawaban dan solusinya. terima kasih

    Selamat pagi Tina, Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com

    Awal mulanya flu atau influenza disebabkan oleh virus. apabila daya tahan tubuh dalam kondisi baik maka infeksi oleh virus tersebut akan dapat sembuh dengan mudah. Akan tetapi apabila daya tahan tubuh sedang tidak baik, maka infeksi bisa berlanjut Dan bisa diperparah dengan adanya infeksi sekunder oleh bakteri.

    Pada penyakit flu biasa yang disebabkan oleh virus gejala akan berangsur membaik dalam waktu 1 minggu. Adapun batuk bisa bertahan sampai dua hingga tiga minggu. Kondisi yang membaik ditandai dengan demam yang menurun, ingus yang awalnya encer menjadi kental dan akhirnya kering. Nafsu makan kembali normal bahkan meningkat.

    Namun ketika kondisinya memburuk, maka ingus yang tadinya cair menjadi kental dan tetap saja produksinya banyak bahkan ingus bisa berubah warna menjadi kuning kehijauan atau disertai dengan darah, kemerahan atau kecoklatan. Pada kondisi ini demam bisa saja bertahan, badan tetap lemas, dan sakit kepala. Diperlukan penanganan yang lebih baik pada kondisi seperti ini, salah satunya yaitu menggunakan antibiotik apabila memang terbukti kondisi tersebut disertai dengan infeksi bakteri.

    Menyimak dari keluhan-keluhan yang anda sampaikan maka besar kemungkinan bahwa terjadi infeksi sekunder oleh bakteri sehingga Anda Kami anjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Jika memang benar demikian, maka dokter akan meresepkan antibiotik yang tepat untuk anda.

    Hal-hal yang dapat anda lakukan di rumah antara lain: banyak istirahat, banyak minum cairan, baik air putih ataupun jus buah, menghindari paparan debu dan asap serta tingkatkan asupan gizi melalui makanan yang sehat.

    Semoga lekas sembuh..

Beranda Tanya Dokter Cara Pengobatan Flu Berkepanjangan, Ingus Berdarah & Berbau

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.