• Salam sehat Dok..

    Sekarang sy terkena penyakit kulit yg entah apa jenisx.. Awalx hanya muncul 1-2 bercak merah dan kering tp tidak gatal dan tidak berasa apa2.. kemudian muncul lg di bagian lain 1-2 bercak merah. sebelumx muncul di dada kemudian muncul di tangan dan kaki.. Yang ingin sy tanyakan apa penyebab timbulx penyakit ini dan bagaimana cara pengobatanx.. Terima Kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan bercak merah di kulit bisa disebabkan oleh banyak hal. Rata – rata penyakit kulit memiliki keluhan tersebut sehingga perlu digali lebih jauh karakteristik bercak merah yang muncul serta gejala penyertanya. Apakah area kulit yang terdapat bercak merah tersebut terasa baal atau tetap terasa saat disentuh dan dirangsang nyeri namun tak disertai keluhan gatal?

    Bercak merah pada kulit yang disertai berkurangnya sensibilitas atau sensasi rasa baik nyeri, sentuhan, dan lain sebagainya bisa akibat infeksi bakteri Mycobacterium leprae penyebab penyakit lepra atau morbus hansen atau kusta. Namun perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara lebih detail untuk memastikan diagnosis penyakit ini. Kusta bisa muncul pada seluruh bagian tubuh. Selain bercak merah, lesi kulit juga bisa beruba bercak putih, nodul atau bentuk lainnya. Sehingga penyakiti ini sering disebut sebagai the greatest imitator akibat lesi kulit yang bisa menyerupai banyak penyakit kulit.

    Bercak merah lainnya tanpa rasa gatal bisa juga disebabkan karena pitiriasis rosea. Penyakit ini bisa muncul pada dada, punggung, perut. Pityriasis rosea merupakan penyakit yang tidak menular. Belum ditemukan penyebab pasti dari penyakit ini. Namun infeksi virus akibat golongan virus herpes diduga sebagai faktor pemicu munculnya penyakit ini.

    Silakan konsultasi langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda karena masih banyak kemungkinan penyakit kulit lainnya. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk menegakkan diagnosis. Pengobatan tergantung penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cara Pengobatan Penyakit Kulit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.