• hallo dok, saya pernah jatuh diwaktu SMP. puting susu saya terbelah / lecet. akhir2 ini saya merasa nyeri. skarang umur saya 23 tahun. bagaimana yah caranya agar puting susu saya kembali normal ???

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Puting susu yang lecet atau luka bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya puting yang luka saat ibu menyusui bayinya akibat gesekan dengan langit mulut bayi yang kasar, puting susu yang gatal dan digaruk juga sering menimbulkan lecet, trauma atau benturan pada bagian puting susu dan lain sebabnya. Perlu dilakukan pemeriksaan pada payudara anda untuk memastikan sejauh apa kondisi puting susu anda, apakah hanya berupa luka saja atau sudah ada tanda – tanda infeksi yang menyertainya. Infeksi bisa disebabkan oleh beberapa mikroorganisme, namun yang tersering adalah infeksi bakteri.

    Jika memang sudah ada keterlibatan infeksi bakteri maka perlu diberikan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab. Selain itu ada beberapa upaya yang bisa dilakukan agar keluhan tersebut tidak makin meluas dan parah antara lain sebagai berikut:

    1.       Hindari kulit yang terlalu kering terutama di bagian puting susu karena dapat menyebabkan puting mudah lecet dan luka.

    2.       Sebaiknya menggunakan pakaian terutama bra yang menyerap keringat misalnya bahan katun agar bagian payudara tidak terlalu lembab.

    3.       Jika kulit di daerah puting kering atau tampak luka dan retak maka dapat digunakan salep pelembab untuk menghindari perlukaan.

    Silakan anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda dan mendapat terapi yang paling tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cara Menyembuhkan Puting Susu yang Lecet

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.