• Dulu saya mengalami cidera saat sedang berolahraga, saya sedang berlari dan harus berhenti mendadak, saya berhenti dengan kaki kanan di depan tetapi dengan kondisi tubuh menyamping, lalu terasa seperti lutut kanan saya bergeser kearah kanan lalu saya terjatuh, oleh teman langsung diluruskan dan terasa seperti lutut kembali keposisi semula, namun setelah itu tidak bisa ditekuk untuk beberapa waktu dan sakit, sejak saat itu saya beberapa kali mengalami hal serupa walaupun tidak terlalu sakit lagi, seperti lutut bergeser saat beraktivitas namun saat saya luruskan kaki langsung seperti kembali normal dengan bunyi klik, tetapi menimbulkan rasa sakit juga disamping lutut saya, mohon saran dan penjelasan nya, terimakasihSeperti ini namun terjadi pada lutut

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

     

    Ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan pada lutut anda . Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebabnya yaitu:

    1. Akibat gangguan pada otot bagian lutut, misal strain otot (tarikan otot), atau karena adanya hematom atau memar yang belum sembuh di area tersebut.
    2. Cidera ligamen
    3. Adanya gangguan pada tulang patela (lutut) misal berupa fraktur (patah tulang) atau adanya dislokasi pada bagian tulang dan sendi.

    Keluhan yang anda alami saat ini bisa berkaitan dengan cedera lutut yang terjadi pada anda sebelumnya atau bisa juga tak berkaitan sama sekali. Namun jika sebelumnya ada riwayat trauma yang tak mendapat penanganan yang tepat oleh tenaga medis maka seringkali menjadi faktor resiko tersering terjadinya keluhan berulang pada area yang sama.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih detail mulai dari pemeriksaan fisik pada bagian yang mengalami keluhan hingga dilakukan pemeriksaan penunjang misal dengan rontgen pada area lutut dan sekitarnya. Ada baiknya memang anda melakukan pemeriksaan ke dokter , terutama dokter spesialis ortopedi untuk memastikan keluhan anda. Dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu untuk memeriksa apakah rasa nyeri berasal dari otot yang ada di sekitar lutut, nyeri sendi ataukah berasal dari tulang patella (lutut) yang bermasalah.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cedera Lutut: Posisi Lutut yang Bergeser

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.