• Makasih sebelumnya dok, saya baru-baru ini mengalami insiden jatuh dari motor lalu kaki saya bagian kanan pada saat itu tidak bisa digerakkan…tapi tdk terdapat luka hanya pembengkakan d sekitar lutut. Sampai saat ini saya hanya prg ke tukang urut…alhamdulillah sekarang saya bisa jalan tapi pakai alat bantu kursi, agak pincang. Yang ingin saya tanyakan berapa lama kira-kira kaki saya bisa seperti dulu lagi ya dok?

     

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk menjawab berapa lama proses penyembuhan pada kaki anda paska mengalami insiden jatuh sebenarnya saya perlu tahu terlebih dahulu bagaimana kondisi kaki anda. Apakah keadaan yang anda alami sudah dipastikan oleh dokter hanya berupa cidera pada otot saja, persendian, atau bermasalah pada tulang anda ( misal patah tulang). Karena masing – masing keadaan tersebut memiliki perbedaan waktu penyembuhan. Selain itu tingkat keparahan dari masing – masingnya juga dapat mempengaruhi waktu penyembuhannya.

    Pembengkakan di sekitar lutut bisa saja hanya akibat jaringan lunak yang meradang atau bisa saja hingga terjadi pergeseran atau patah tulang di area tersebut. Tulang yang patah tidak harus disertai luka di bagian kulit. Jika terjadi patah tulang tentu waktu yang dibutuhkan akan lebih lama yaitu berkisar >6 minggu, tergantung letak patahannya, bagaimana garis patahannya, dan lain sebagainya. Namun jika hanya pembengkakan di jaringan lunak, maka proses penyembuhan bisa berlangsung lebih cepat yaitu sekitar 4 minggu.

    Untuk memastikan kondisi anda ada baiknnya periksakan secara langsung ke dokter khususnya dokter spesialis Ortopedi agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang jika memang dibutuhkan. Hal ini penting agar dapat diketahui diagnosis pasti keluhan anda serta mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cidera pada Kaki Bagian Kanan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.