• Dok, ibu saya sekarang berusia 47 tahun. mengalami darah tinggi, kolesterol, kadar gula. tapi sudah baikan. Tapi kenapa masih mengalami lemes, hawa nya ingin menangis, apakah itu gejala menopouse ? Biasa nya berlangsung berapa lama kalo itu gejala menopouse.. Trimakasih dok

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Menopause merupakan salah satu kondisi alamiah yang akan dialami oleh tiap wanita yang memasuki usia lanjut. Menopause atau terhentinya menstruasi tidak selalu menimbulkan keluhan tak nyaman yang membuat wanita merasa sakit atau terganggu akibat hal tersebut. Ada beberapa gejala menopause yang bisa muncul dan dialami oleh wanita yaitu:

    1. Perubahan siklus haid dimana haid menjadi tidak teratur seperti sedia kala. Darah haid menjadi lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya. Lama haid juga tidak seperti semula dimana durasi haid menjadi lebih pendek atau malah lebih panjang.
    2. Hot Flashes atau rasa panas yang muncul tiba – tiba pada tubuh bagian atas atau di seluruh. Wajah dan leher menjadi kemerahandan berkeringat
    3. Nyeri saat berhubungan seks karena keringnya organ kewanitaan. Hal ini bisa membuat rasa nyeri saat berhubungan seks.
    4. Libido menurun akibat penurunan hormon estrogen dan juga bisa terkait karena keringnya organ kewanitaan yang membuat nyeri saat melakukan seks.
    5. Perubahan hormonal mempengaruhi mood wanita yang mengalami menopause sehingga wanita menjadi mudah marah, depresi, dan berubah suasana hati.
    6. Kulit menjadi kering, rambut rontok, kering dan rapuh serta berkurangnya jaringan lemak dan kolagen pada kulit.
    7. Gejala lainnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Ciri Ciri Menopause Itu seperti Apa?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.