• Dok, anak sya berusia 5bln. Demam.nya naik turun pling tinggi 40, sdah 3hri. Stlah minum asi jrak 1jam mutah. Stelah d.beri obt demam trun, tp lma kmudian demam lgi dok,. Dan rewel aja dok. Ckit apa ya dok.?
    TrimaksiH

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering sekali dialami oleh hampir tiap individu, terutama pada bayi dan anak. Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius. Penyebabnya beraneka ragam bisa karena satu dan lain hal. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab demam, yaitu antara lain:

    1. Akibat infeksi. Infeksi yang terjadi bisa terjadi di berbagai tempat, misal infeksi saluran kemih dimana keluhan yang muncul berupa demam (umumnya demam tinggi), bisa disertai nyeri perut, gangguan buang air kemih dan lain sebagainya. Infeksi saluran cerna juga bisa menimbulan keluhan demam, namun disertai gangguan pencernaan lainnya misal mual, diare atau malah konstipasi. Infeksi saluran napas juga bisa menimbulkan keluhan demam, disertai keluhan batuk atau pilek dan lain sebagainya. Penyebab infeksi ini bisa karena bakteri, virus, jamur ataupun mikroorganisme lainnya.
    2. Dehidrasi atau kekurangan cairan juga bisa menimbulkan keluhan yang sama. Demam makin tinggi ketika asupan cairan makin kurang
    3. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan yang anak anda rasakan sebaiknya memang dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna membantu menegakkan diagnosis penyakit yang sesuai. Terapi yang diberikan tergantung diagnosis penyakit dan kondisi pasien saat diperiksa.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ciri Penyakit Demam atau Tifus

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.