• Dok, saya mau nanya, beberapa bulan ini saya mengalami gejala2 yg nggak saya tau, saya ngrasa dada saya terasa sakit, terkadang kanan ,,, terkadang kiri,,, terkadang rongga tengah. lalu saya ngalamin sedikit sesak. dan it setiap saya lelah  saya mikir pasti ngrasain sakit. itu kenapa ya dok…??? tolong penjelasannya… :-) terima kasih

    Selamat Pagi.

     

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

     

    Keluhan nyeri dada bisa disebabkan oleh banyak hal. Keluhan nyeri dada bisa dirasakan di sebelah kiri ataupun kanan, ada yang terasa seperti ditusuk – tusuk, sulit menarik napas, terasa berat, panas dan lain sebagainya. Ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri dada disertai sesak   selain terjadi akibat gangguan pada tulang dan otot namun juga bisa disebabkan karena hal lainnya.

     

    Berikut akan disampaikan kemungkinan penyebab keluhan tersebut yaitu antara lain:

    1.       Nyeri dada bisa berkaitan dengan kejadian sprain (keseleo / tarikan) pada bagian tulang rusuk. Biasanya nyeri juga terjadi pada bagian dada saat menarik napas dalam sehingga pasien terasa sesak.

    2.       Spasme otot dada di bagian sela – sela tulang rusuk sering menyebabkan rasa nyeri dada, terutama saat menarik napas dalam.

    3.       Pasien dengan berat badan berlebihan (obesitas/ kegemukan) juga menjadi faktor pencetus dan faktor yang memperberat keluhan nyeri dada .

    4.       Infeksi paru – paru misalnya pneumonia juga bisa menyebabkan keluhan sesak napas. Namun umumnya disertai gejala lainnya seperti demam, batuk dan lain sebagainya.

    5.       Infeksi pada pleura atau selaput paru bisa menyebabkan keluhan nyeri dada, sesak, dan lain sebagainya.

    6.       Penyakit jantung koroner bisa menyebabkan keluhan nyeri dada di sebelah kiri yang menjalar disertai sesak napas dan lainnya

    7.       Penyebab lain

     

    Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang diperlukan untuk memastikan penyebab keluhan anda.

     

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Kenali Penyebab Nyeri Dada yang Anda Alami

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu,

     

Beranda Tanya Dokter Sakit Dada Kanan dan Kiri Berpindah-pindah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.