• Permisi dok , saya mau tanya …
    ibu saya berusia 38 tahun , tinggi badan 152 cm , dan berat badan 52 kg , yang dikeluhkan ibu saya yaitu sering sakit kepala sebelah dan juga kadang dada sebelah kiri berdesir (seperti jika saat cemas / sedang deg2an sebentar) , kira2 itu gejala penyakit apa ya dok , terimakasih :D

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri kepala memang seringkali dialami oleh hampir setiap orang. Tipe karakteristik sakit kepala sebenarnya berbeda – beda. Jika yang dialami oleh ibu anda berupa nyeri kepala sebelah, maka biasa disebut dengan istilah migrain. Migrain atau sakit kepala sebelah sering kali terjadi berulang. Kadang disertai dengan gangguan penglihatan, mual ataupun muntah dan gejala lainnya.

    Migrain kadang disertai oleh gangguan pada tekanan darah, baik hipotensi (tekanan darah rendah) ataupun hipertensi (tekanan darah tinggi), denyut jantung meningkat (takikardi) atau menurun (bradikardi), dan lain sebagainya. Penyebab migrain sebenarnya belum diketahui dengan pasti, namun ada beberapa faktor pencetus seperti stress, perubahan hormonal, makanan, aktivitas terlalu padat, perubahan pola tidur, obatan – obatan tertentu, perubahan lingkungan (misalnya perubahan suhu, cuaca, ataupun tekanan udara) dan lain sebagainya. Jenis kelamin wanita juga menjadi faktor resiko munculnya migrain. Wanita memiliki kecendrungan tiga kali lebih sering mengalami migrain dibanding lelaki.

    Untuk keluhan dada kiri berdesir yang dialami ibu anda bisa merupakan respon normal saat seseorang stress, cemas, dan lain sebagainya. Namun bisa juga akibat penyebab lainnya. Ada baiknya memang jika keluhan sering berulang ataupun sangat menggangu, bisa dikonsultasikan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh sehingga dapat diketahui penyebab pasti keluhan ibu anda serta mendapat terapi yang sesuai jika diperlukan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Dada Berdesir Sebelah Kiri

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.