• salam dok, beberapa waktu yg lalu saya sempat tersedak saat minum dan saat saya tersedak,dada kiri saya sakit. tetapi saya melanjutkan minum dan menyebabkan sakitnya bertambah sehingga saya hampir terjatuh. sekrg dada kiri saya sakit saat menarik nafas dan saat saya berolahraga seperti berlari. kira2 kenapa dada kiri saya sakit ya dok? terima kasih..

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri dada sering terjadi oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi karena masalah ringan hingga keluhan penyakit tertentu yang lebih berat. Ada beberapa kemungkinan penyebab nyeri dada bagian kiri antara lain;

    1. Gangguan pada otot dada. Kram otot yang mengenai dada kiri bisa menyebabkan keluhan nyeri pada area tersebut. Keluhan juga bisa terasa saat individu tersebut menarik napas dalam. Hal ini bisa terjadi karena otot dada berperan pula saat proses pernapasan. Kram pada otot dada bisa terjadi akibat trauma, posisi yang salah saat beraktivitas, olahraga berlebihan atau sebab lainnya.
    2. Gangguan pada tulang iga. Gangguan pada tulang iga misal fraktur (patah tulang) juga bisa menyebabkan keluhan nyeri pada dada. Rasa sakit umumnya sangat berlebihan terutama saat menarik napas.
    3. Aspirasi saluran napas bagian kiri, juga bisa menyebabkan rasa nyeri dada. Namun umumnya pasien lebih merasakan keluhan gangguan pernapasan, misal sesak.
    4. Infark jantung. Keluhan infark jantung bisa menimbulkan rasa nyeri berupa rasa penuh, panas, dada terhimpit atau rasa tidak nyaman lain di dada kiri. Umumnya rasa nyeri bisa menjalar baik ke lengan kiri, rahang, punggung dan lain sebagainya. baca: Ciri-ciri Serangan Jantung
    5. Gangguan lambung. Misalnya dispepsia, ataupun gastroesofageal reflux disease (GERD) bisa menimbulkan rasa nyeri pada dada.
    6. Keluhan lain

    Untuk kasus anda, bisa jadi keluhan hanya terjadi pada dinding dada bagian luar seperti otot dada. Namun ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Dada Kiri Sakit Saat Menarik Nafas dan Olah Raga

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.