• dok permisi saya mau tanya dok. dada saya panas kenapa ya dok. panas nya di tengah2 gtu dok.itu kenapa ya dok usia saya masi 15 thn dok. tolong di respon ya dok?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan rasa panas di dada bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari masalah ringan hingga masalah berat. Rasa panas di dada juga memiliki karakteristik tersendiri, ada yang terasa seperti terbakar, rasa sakit seperti ditimpa beban berat, dan lain sebagainya. Berikut beberapa kemungkinan penyebab rasa panas di dada yaitu antara lain:

    1. Faktor psikosomatis atau stress psikis , baik karena pekerjaan, masalah pendidikan dan lain sebagainya bisa menyebabkan keluhan ini. Jika karena masalah psikosomatis maka sebenarnya tidak ada masalah di organ tubuh anda, namun keluhan muncul karena masalah pikiran atau psikis.
    2. Gangguan di lambung misal dispepsia atau juga gastroesofageal reflux disease (GERD) sering menimbulkan keluhan rasa panas di dada. Hal ini terjadi karena peningkatan asam lambung. Keluhan lain yang menyertai bisa berupa mual, muntah dan sebagainya.
    3. Gangguan di jantung, misal penyakit jantung koroner bisa menyebabkan keluhan rasa panas di dada, terasa tak nyaman, atau seperti ditekan dan ditimpa benda berat. Keluhan tersebut umumnya terjadi pada bagian dada tengah atau kiri yang menjalar ke lengan kiri, punggung, rahang dan sebagainya.
    4. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab dan diagnosis penyakit keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Dada Panas?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.