• Dok mau tanya, udah 2 hari ini saya ngludah ngeluarin dahak, terutama pas bgun tidur, tiba2 ada darahnya. Tetapi saya tidak batuk. Trus waktu saya ngeluarin ingus, ingus saya juga berdaharah. Tp tidak sering berdarah jg. hanya waktu bgun tdur darah terlihat lbih byk . Ternggorokan sebelah kiri saya sakit dan badan saya demam.

    Itu knp dok dan sy harus beli obat apa ya dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluar darah pada dahak atau pun ingus bisa terjadi karena beberapa hal, yaitu antara lain akibat :

    1. Iritasi pada saluran napas. Beberapa kondisi yang menyebabkan antara lain karena batuk yang terlalu sering dan lama, baik karena alergi, rokok, asap di tempat kerja dll.
    2. Mengeluarkan ingus yang terlalu kuat juga bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah kapiler di saluran napas.
    3. Infeksi saluran napas bagian atas juga bisa menyebabkan keluhan demam, keluar dahak atau ingus yang kadang disertai darah dan lain sebagainya.
    4. Infeksi pada saluran napas bagian bawah, misalnya karena pneumonia juga bisa menyebabkan keluhan demam tinggi, keluar dahak berwarna orange kemerahan, kadang juga bisa disertai sesak napas dan masih banyak lagi keluhan lainnya
    5. Keganasan paru. Tumor ganas dapat menyebabkan keluhan batuk darah yang bisa disertai keluhan lain berupa sesak napas, penurunan berat badan, dan sebagainya
    6. Dan lain sebagainya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Dahak dan Ingus Berdarah Tetapi Tidak Batuk

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.