• Selamat malam dok,beberapa hari lalu saya kena flu biasa namun disertai batuk,namun sekarang sudah sembuh. Yang jadi masalah  sekarang, dahak dari batuk itu mengental dan sulit saya keluarkan, dan lebih parahnya sekarang dahaknya serasa naik di saluran napas,telinga dan kepala saya serasa berat dan pening terlebih didaerah atas alis. Apakah ada obat tetes untuk mengeluarkanya. Karena ini sangat menggangu.trimkash saya tunggu jawaban dari dokter

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk merupakan respon normal tubuh untuk mengeluarkan benda asing (termasuk lendir atau mukus atau sekret) dari dalam tenggorokan. Jenis batuk berdasarkan produksi sputumnya terdiri dari dua jenis yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Pada batuk berdahak, dahak sebaiknya dikeluarkan. Namun masalahnya sering kali dahak sangat kental dan sulit untuk dikeluarkan sehingga butuh bantuan obat – obatan untuk mengencerkan dahak dan merangsang pengeluarnnya. Berikut beberapa jenis obat batuk yang bisa digunakan adalah:

    1. Golongan ekspektoran, merupakan obat batuk berdahak yang membantu untuk mengeluarkan dahak dari paru-paru dengan cara merangsang reflek batuk. Contohnya gliseil guaiacolate, guaifenesin, dan amonium klorida.
    2. Mukolitik atau disebut juga obat pengencer dahak, contohnya adalah bromhexine. Pemberian obat ini bertujuan untuk membantu mengencerkan dahak yang kental dan lengket sehingga menjadi lebih encer dan lebih mudah dikeluarkan saat batuk.
    3. Mukokinetik contohnya adalah ambroxol. Obat ini berfungsi merangsang atau mempercepat gerakan sputum yang menyangkut di saluran pernapasan pasien sehingga dahak lebih cepat dikeluarkan.

    Saat ini beberapa produk obat banyak yang telah mengkombinasikan beberapa golongan obat (misal golongan mukolitik dan ekspektoran ) dengan tujuan agar konsumsi lebih simpel dan tujuan pengobatan lebih maksimal.
    Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Dahak Sulit Keluar

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.