• afwan dok, sudah beberapa hari ini ketika saya BAB ataupun BAK selalu menetas darah dari anus saya dan ini sudah saya rasakan beberapa kali . layak nya sakit ketika mau BAB seperti biasa nya. dan perut saya selalu bunyi layaknya orang lapar,dan saya tdk merasakan lemas ataupun sakit lain nya,semua normal hanya saja menetas darah yg lumayan banyak dari anus . :-) terimakasih dok. mohon d jawab

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air besar ataupun buang air kecil yang disertai darah tentu menimbulkan kekhawatiran bagi individu yang mengalaminya. Keluhan – keluhan ini termasuk masalah yang sering dialami oleh beberapa individu. Penyebabnya pun beraneka ragam. Namun untuk kasus anda sebaiknya memang dipastikan apakah darah keluar benar – benar saat BAK dan BAB atau hanya salah satunya saja.

    Buang air besar (BAB) berdarah bisa disebabkan oleh:

    1. Hemorrhoid (ambeien). Penyakit ini bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah, bisa disertai keluarnya benjolan pada lubang anus karena pembuluh darah rektum dan anus yang melebar (dilatasi). Keluhan ini bisa karena kebiasaan mengejan yang terlalu kuat saat BAB, feses yang sangat keras, kehamilan, dll.
    2. Gastritis erosif atau gangguan lambung lainnya. Buang air besar disertai darah yang berwarna hitam yang disebabkan karena darah bercampur dengan asam lambung sehingga warnanya berubah menjadi kehitaman.
    3. Disentri akibat infeksi bakteri Shigella disentri bisa menyebabkan keluhan BAB berdarah disertai keluhan lainnya misal demam, nyeri perut dll.
    4. Penyebab lain.

    Keluhan BAK berdarah bisa karena infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, tumor ataupun karena penyakit autoimun.

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara langsung di daerah tempat anda tinggal. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang untuk menegakkan diagnosis penyakit anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Darah Keluar Saat BAB Ataupun BAK

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.