• Dok, apa penyebab darah kotor? Lalu bagaimana solusi untuk darah kotor agar bersih kembali dok? Mohon jawabannya, terimakasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Dalam dunia kedokteran darah kotor diibaratkan sebagai darah yang mengandung banyak karbon dioksida yang kembali ke jantung setelah beredar ke seluruh jaringan tubuh. Sedangkan darah bersih adalah darah kaya oksigen yang dipompa keluar dari jantung untuk diedarkan ke jaringan – jaringan tubuh kita. Hal ini merupakan proses normal yang terjadi dalam tubuh manusia. Namun dalam istilah awam seringkali darah kotor dikaitkan dengan kondisi tubuh yang tak sehat. Misalnya pada orang yang sedang mengalami infeksi kulit berupa bisul, maka ketika bisul dipecahkan, maka darah yang keluar seringkali disebut sebagai darah kotor. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah darah yang bercampur dengan nanah akibat infeksi bakteri.

    Oleh karena itu sebenarnya tidak ada solusi yang pasti jika ditanyakan bagaimana solusi untuk membersihkan darah kotor. Cari tahu dahulu penyebab kondisi tubuh yang mengalami gangguan, lalu atasi penyebabnya. Jika terjadi bisul pada kulit maka perlu dicari tahu penyebab infeksi yang terjadi apakah karena infeksi bakteri, jamur, ataupun mikroorganisme lainnya. Hal ini bisa dicari tahu melalui pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter. Jika memang penyebabnya karena bakteri maka bisa diberikan antibiotik yang sesuai dengan bakteri penyebab. Jika penyebabnya karena jamur maka bisa diberikan anti jamur.

    Oleh karena itu jika memang ada keluhan terkait kondisi tubuh anda maka sebaiknya diperiksakan ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyebab Darah Kotor dan Solusi Agar Bersih

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.