• dok apa benar bisul tumbuh dikarena kan darah kita kotor?

    Salam, terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi gratis di mediskus.com

    Istilah” darah kotor” memang kerap kali terdengar di masyarakat kita, memang sulit untuk menentukan istilah medis yang tepat untuk itu. Karena dalam illmu kedokteran tidak ada istilah darah kotor, darah kita memang bisa kotor oleh limbah hasil metabolisme setiap waktu, namun hal ini akan dibersihkan oleh ginjal.

    Bisul itu sendiri terjadi karena proses infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada permukaan kulit. Bakteri bisa masuk ke kulit apabila kulit terpapar oleh bakteri, misalnya ketika tangan yang kotor menggaruk-garuk kulit, tidak rajin mandi, memakai baju kotor, dan sebagainya.

    Bakteri penyebab bisul akan mudah masuk ke  dalam kulit apabila pertahanan alami kulit terganggu, misalnya ada lecet, atau kulit yang teriritasi akibat garukan ataupun zat-zat kimia.

    Memang tidak semua bakteri yang masuk akan menyebabkan bisul, karena tubuh kita punya sistem pertahanan (imun) berlapis, namun ketika sistem imun seseorang lemah, maka bakteri dapat berkembang biak dan menyebabkan bisul.

    Baca juga: Cara Mengobati Bisul dengan Benar

    Perlu diketahui bahwa selain pada kulit, sistem pertahanan juga ada dalam darah kita, jadi kalau kita memakai istilah Darah Kotor menyebabkan bisul, maka itu tidaklah tepat. Yang tepat, penyebab bisul adalah adanya bakteri yang menyerang kulit sedangkan sistem pertahanan tubuh tidak mampu melawannya.

    Dengan demikian, kita bisa melakukan pencegahan, agar tidak ketularan bisul, maka kita harus menjaga kebersihan pribadi dan berupaya menjaga sistem kekebalan tubuh agar selalu prima dengan makan-makanan bergizi, istirahat cukup, dan berolah raga.  Ini sangat penting juga untuk mencegah sering bisulan (bisul yang muncul berulang-ulang).

    Sekian, semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Darah Kotor Penyebab Bisul?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.