• malam dokter, saya punya anak umur 1 tahun 8 bulan. dia lagi demam dan waktu hari pertama dan kedua saya hanya memberi dia obat penurun panas (parasetamol) karena panas tak kunjung reda jadi di hari ketiga saya lakukn test lab dan hsl’nya hemoglobin 13,2.lekosit 5600,trombosit 186.000 hematokrit 39 % dan widal 0=1/100. apa ini termasuk DBD? karena dokter bilang kemungkinan DBD jika trombosit semakim menurun. apa trombosit dg data tadi bisa menyimpulkan bhwa anak saya terkena DBD dok?mhon pnjelasan nya.trma ksh

    Selamat pagi,

    Berdasarkan data diatas, belum bisa dipastikan bahwa anak ibu menderita DBD. kita lihat nilai hemoglobin berada dalam kisaran normal, leukosit normal, hematokrit sedikit peningkatan.

    Sedangkan untuk trombosit itu sendiri jumlahnya juga normal karena nilai normal trombosit adalah 150 ribu sampai 400 ribu/mm3.

    Penyakit demam berdarah pada anak bisa ditentukan dengan cara melakukan pemeriksaan fisik yang teliti dan juga melakukan pemeriksaan laboratorium tambahan selain pemeriksaan yang telah dilakukan di atas.

    Adapun pemeriksaan laboratorium yang lebih sensitif yaitu dengan cara memeriksa immunoglobulin (IgG/IgM) anti dengue dan perlu Ibu ketahui bahwa pada bayi yang baru mengalami infeksi virus dengue biasanya lebih sering terkena Demam dengue (DD) daripada demam berdarah dengue (DBD.

    Berikanlah asupan yang baik pada anak masuk ASI ataupun susu formula dan mencukupi kebutuhan cairan nya.

    Ibu juga harus cermat akan kondisi anak ibu coba perhatikan gejala-gejala yang ada. Jika keluhan tidak ada perubahan atau malah mengalami perubahan menjadi lebih buruk, maka segeralah periksa ke dokter kembali.

    Semoga lekas sembuh ya.

Beranda Tanya Dokter Menentukan DBD pada Anak

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.