• ass…dok saya mau nanya ni udah 3 hari ini ibu saya tensi nya gak mau turun dari 195/75 sekarang tensinya naik 278/85 dan gula darahnya 578 gimana cara ngatasinnya makasih…

    Waalaikumsalam ww..wb..

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kencing manis (diabetes melitus) merupakan penyakit degenaratif yang tidak bisa disembuhkan, namun bisa dikontrol dengan kombinasi perbaikan gaya hidup yang sehat serta konsumsi obat – obatan. Untuk kasus orang tua anda, tekanan darah dan kadar gula darah tersebut sangat tinggi sehingga harus diberikan kombinasi obat anti hipertensi dan kombinasi obat penurun gula darah. Namun perlu dilakukan anamnesis dan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter. Dokter yang merawat perlu tahu kombinasi obat – obatan yang sudah orang tua anda konsumsi sehingga dapat diberikan program pengobatan yang lebih sesuai dengan kondisi yang sekarang.

     

    Hipertensi dan diabetes melitus merupakan penyakit yang saling mempengaruhi satu sama lain sehingga keduanya harus diobati dengan tuntas agar tidak menimbulkan komplikasi lebih jauh. Kadar gula darah ibu anda yang hingga mencapai >500 juga mengindikasikan perlunya penggunaan obat insulin sebagai salah satu kombinasi obat diabetes. Diabetes yang tidak terkontrol memang akan membuat tekanan darah menjadi susah turun. Sebaiknya memang anda mengajak orang tua anda untuk konsultasi secara langsung ke dokter serta bawalah catatan obat – obatan yang sedang dikonsumsi ibu anda saat ini, hal ini akan sangat membantu dokter yang merawat ibu anda untuk menentukan rencana pengobatan selanjutnya yang lebih tepat. Selain itu, perbaikilah pola hidup ibu anda dengan menjaga asupan makanannya serta meningkatkan aktivitas fisiknya. Hal ini juga bisa dibicarakan secara langsung oleh dokter setelah dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk menentukan makanan dan olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik ibu anda saat ini.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

    Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan kemungkinan rasa nyeri disebabkan karena aktivitas yang terlalu tinggi, salah satunya faktor olahraga. Sebaiknya setelah melakukan aktivitas yang tinggi perlu disertai istirahat yang cukup serta perbanyak asupan cairan. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kurangnya cairan serta asupan makanan yang tepat juga dapat meningkatkan resiko terjadinya sakit kepala. Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti paracetamol ataupun ibuprofen sebagai pengobatan awal. Jika keluhan masih berlanjut, silakan periksakan diri langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Diabetes dan Darah Tinggi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.