• Dok, saya udah 2 hari ini demam dan dibarengi dengan mual dan batuk2, di hari kedua demam nya turun, tapi batuk dan mual2 masih sering dok. Solusinya bagaimana?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celsius. Demam bisa diakibatkan oleh banyak hal mulai dari dehidrasi atau kurang cairan, keganasan ataupun karena penyakit infeksi tergantung dari gejala klinis lain yang menyertainya.

    Pada kasus anda berupa demam disertai batuk dan mual penyebab yang paling sering adalah infeksi baik karena bakteri, virus ataupun mikroorganisme lainnya. Infeksi biasanya butuh waktu beberapa hari untuk mengembalikan kondisi ke keadaan normal. Apalagi jika ada keluhan batuk biasanya akan berlangsung minimal 3 hari hingga keluhan tersebut bisa hilang sepenuhnya. Anda bisa mengkonsumsi obat batuk yang dijual bebas tanpa resep dokter seperti gliceril guaiacolate, ambroxol, ataupun obh sirup untuk mengatasi keluhan batuk. Jika batuk terasa gatal bisa ditambahkan antihistamin seperti CTM, cetirizin, ataupun obat lainnya.

    Rasa mual bisa disebkan karena asam lambung meningkat, proses infeksi ataupun efek obat analgetik yang anda konsumsi misal ibuprofen, asam mefenamat dan lain sebagainya. Anda bisa mengkonsumsi vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual yang anda rasakan.

    Jika keluhan berlanjut dan makin memberat maka ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang jika memang dibutuhkan sehingga bisa tegak diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Demam Disertai Mual dan Batuk

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.