1. Pada hari pertama saya merasa meriang (panas dingin) karena di pagi hari saya hanya makan 1 kali sehari, lalu malamnya baru saya makan. Jam 1 paginya badan saya panas dingin disertai pusing dan nyeri di daerah paha / area kaki.
    2. Di pagi hari kedua saya minta kerok ke adik saya terus langsung saya mengeluarkan keringat dan saya langsung berbaring dan tidur. Setelah bangun, pusing saya hilang dan perut terasa mual dan diare.
    3. Malam harinya sampai sekarang badan saya agak merasa dingin sedikit dan perut saya diare (memcret). Tolong jawabannya dok. Terimakasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh lebih dari 37,50C. Oleh karena itu perlu pengukuran suhu tubuh dengan termometer agar diketahui secara pasti apakah seseorang demam atau tidak. Keluhan demam sendiri banyak sekali disampaikan oleh hampir tiap orang. Demam juga memiliki karakteristik yang berbeda, ada demam tinggi mendadak, demam dengan peningkatan suhu secara perlahan, demam yang berlangsung terus menerus sepanjang hari, ada demam yang hilang timbul beberapa hari sekali dan lain sebagainya. Karakteristik demam ini bisa membantu menentukan penyebab keluhan tersebut.

    Demam sendiri bisa disebabakan oleh banyak kondisi, mulai dari dehidrasi atau kurang asupan cairan hingga demam akibat infeksi baik infeksi bakteri, virus atau mikroorganisme lainnya. Keluhan demam biasanya disertai oleh keluhan lain, tergantung penyebabnya, organ yang terserang dan lain sebagainya. Untuk keluhan anda sendiri sebenarnya masih memiliki banyak kemungkinan, mulai dari infeksi pada saluran cerna akibat virus, jamur atau sebab lainnya. Sehingga memang harus dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk memastikan penyebab keluhan.

    Diare sendiri sebenarnya didefiniskan sebagai perubahan konsistensi dan frekuensi buang air besar, yaitu BAB dengan konsistensi cair lebih dari 3 kali dalam sehari. Jika tidak memenuhi semua unsur tersebut maka sebenarnya bukan disebut diare. Jika anda benar mengalami diare, maka mungkin saja keluhan demam anda terjadi akibat infeksi pada saluran cerna. Silakan periksakan secara langsung ke dokter agar anda mendapat penanganan yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Demam Jenis Apa Ini?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.