• Hello dok, usia saya 16 tahun, 4 hari yang lalu saya terkena demam jerami, tapi beberapa hari kemudian (2 hari yang lalu) ingus idung sebelah kiri saya berwarna oranye? Terus udah sekitar hampir 1 bulanan ini saya batuk (gatel tenggorokan, nggak ada darahnya).  Apa itu nggak bahaya dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Demam jerami atau demam yang muncul pada musim panen atau musim saat  tumbuhan melepaskan benang sari nya sebenarnya tidak ada istilah khusus dalam dunia kedokteran. Demam jerami sebenarnya termasuk dalam demam yang muncul karena reaksi alergi seseorang terhadap debu tumbuhan dan lain sebagainya.

    Pada orang yang memiliki reaksi alergi tertentu baik terhadap serbuk tumbuhan, debu, bulu binatang dan lain sebagainya maka akan timbul bermacam macam keluhan tergantung organ yang terkena misalnya mulai dari bersin – bersin, keluar ingus bening kental atau jika disertai infeksi ingus bisa berubah warna, demam, bengkak pada mata dan bibir serta gejala lainnya.

    Sebenarnya penyakit ini tidak berbahaya namun memang sering kali berulang jika orang yang rentan, terkena paparan bahan alergen. Oleh karena itu pengobatan terbaik bukan terletak pada obat obatan melainkan bagaimana menghindari faktor pencetus penyebab reaksi alergi terjadi. Selain itu ada beberapa obat yang dapat membantu mengurangi keluhan seperti obat anti histamin untuk menekan reaksi alergi, kortikosteroid hingga obat batuk pilek untuk mengurangi keluhan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Rinitis Alergi – Pilek, Bersin Alergi

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Demam Jerami Terus Ingus Sebelah Kanan Berwarna Oranye

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.