• dokter. saya mau tanya ;

    saya sempat dirawat selama 4 hari dipuskesmas karena Gejala DBD(dengan trombosit 111.000) setelah 4 hari trombosit saya naik dengan 183.000 karna normal saya diperbolehkan pulang. setelah dirumah demam setiap malam dan disertai keringat yg banyak bahkan sampai baju saya basah,selain keringat dingin dan demam yg berlebihan perut mual disertai BAB cair .

    Bagaimana solusinya dokter ???

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan demam disertai keringat dingin yang banyak keluar, perut terasa mual, hingga buang air besar dengan konsistensi cair bisa disebabkan oleh beberapa hal. Jika BAB cair berlangsung lebih dari tiga kali, maka keadaan anda bisa terjadi akibat gastroenteritis akut dimana terjadi infeksi pada saluran cerna akibat mikro organisme tertentu. Namun untuk memastikan ada baiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung, karena banyak pula penyakit dengan gejala klinis yang sama, misalnya akibat demam typhoid.

    Sebagai pertolongan pertama yang bisa anda lakukan di rumah antara lain dengan mengkonsumsi obat anti piretik untuk menurunkan demam seperti paracetamol. Paracetamol bisa anda ulang tiap 4 sampai 6 jam jika panas tidak mengalami penurunan sama sekali. Selain itu yang terpenting adalah jaga asupan cairan anda. Perbanyak konsumsi cairan sangat penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi akibat demam, keringat berlebih dan juga buang air besar cair. Cairan yang dikonsumsi bisa apa saja, baik air putih, jus buah (namun yang manis dan tidak terlalu banyak serat), dan lain sebagainya. Keluhan mual bisa coba anda atasi dengan pemberian vitamin B6 ataupun B kompleks.

    Jika demam tidak membaik dalam 3 hari, silakan kunjungi dokter atau pusat kesehatan terdekat dengan anda untuk memerikakan kondisi anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Demam Mengigil dan Keringat yang Berlebihan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.