• pagi dok…. anak sya pans dmam naik trun sdah 3 hari setalah 3 hari trun dmam nya malah minisan dan batk berdarah lalu dlanjutkan periksa k dokter.. setela di tes darah semua normal baik2 saja dbd negatf paru2 nya pun sehat lantas knapa ank sya bisa sampai btk berdarah gitu.. doktrnya tidak mnjelaskan trima kash dok…

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Untuk melakukan pemeriksaan darah sebaiknya paling cepat baru mulai dilakukan pada demam hari ke empat. Jika pemeriksaan dilakukan terlalu awal maka sering kali ditemukan hasil normal pada pemeriksaan darah, baik berupa darah rutin atau pun hasil tes serologi igG dan IgM anti dengue.

    Mimisan bisa disebabkan karena pecahnya pembuluh darah kapiler di saluran hidung yang terjadi karena beberapa sebab misalnya panas yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah kecil ini rapuh dan pecah, kebiasaan menggosok – gosok hidung pada anak – anak juga bisa menyebabkan keluhan mimisan. Penyakit DBD dengue juga bisa menimbulkan keluhan ini yang disebabkan karena kebocoran kapier.

    Batuk berdarah juga bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari sebab ringan, hingga masalah tertentu yang lebih berat. Sebab ringan yang sering terjadi adalah karena refleks batuk yang berlebihan menyebabkan pecahnya pembuluh darah kapiler di saluran tenggorokan. Iritasi tenggorokan akibat batuk ini bisa menyebabkan keluarnya darah bersamaan dengan dahak yang keluar. Namun juga keluhan ini bisa terjadi pada infeksi yang lebih berat, misalnya karena penyakit tuberkulosis dan lain sebagainya.

    Jika keluhan demam anak anda masih berlanjut ada baiknya anda melakukan pemeriksaan kembali ke dokter, jika demam berlangsung lebih dari 4 hari saya sarankan untuk melakukan cek darah ulang untuk memastikan kemungkinan penyebab.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Demam Mimisan dan Batuk Berdarah Tapi Bukan DBD???

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.