• Assalamualaikum, dok mau tanya, udah 3 hari anak saya umur 17 bln demam tinggi, hari ke 2 bab.y encer,berlendir dan berdarah, sore dan malam, saya kasih zink, paginya bab encer tapi tidak ada darah, hari ketiga panasnya masih tinggi, di sertai batuk berdahak, bab encer sudah berhenti, di mulutnya gusi bengkak sperti mau tumbuh gigi dan ada sariawan, tp anak saya sangat lemas dan rewel, tidurnya juga ga nyenyak, apakah harus periksa laboraturium curiga dbd atau hanya demam biasa… makasih dok…

    Waalaikum salam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam pada anak memang kerap kali terjadi. Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Penyebab tersering keluhan demam adalah karena proses infeksi yang bisa berlangsung di seluruh bagian tubuh akibat berbagai macam mikroorganisme mulai dari bakteri, virus, jamur dan sebagainya. Pada kasus yang anak anda alami dimana demam sudah berlangsung lebih dari 3 hari maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Pemeriksaan laboratorium memang dianjurkan untuk demam yang berlangsung selama 4 hari atau lebih, namun baiknya dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu untuk menentukan jenis pemeriksaan penunjang yang dianjurkan apakah pemeriksaan darah, urine ataupun feses.

    Berdasarkan keluhan yang dialami oleh anak anda penyebab demam bisa karena infeksi saluran cerna seperti gastroenteritis, demam typus, atau karena sebab lainnya. Banyak penyakit yang menyebabkan keluhan yang serupa satu dengan lainnya. Namun saat anak panas dan banyak BAB maka yang paling penting diperhatikan adalah asupan cairannya. Hal ini disebabkan karena banyaknya cairan yang keluar bersama panas dan feses, maka dapat meningkatkan suhu dan menyebabkan anak dehidrasi sehingga perlu segera penggantian cairan untuk menghindari dehidrasi berat yang akan membahayakan anak. Silakan konsultasi dengan dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Mudah Mengatasi Demam Pada Anak

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Demam pada Anak

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.