• Saya demam pilek sudah 3 hari dok, tapi badan saya tidak panas lagi hanya kepala pusing setiap berdiri, hanya bisa baring di tempat tidur, apakah saya terkena DBD?

    Selamat malam
    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Jika anda sudah membaca beberapa artikel di forum ini sebenarnya sudah dijelaskan bahwa untuk menegakkan diagnosis demam berdarah dengue tidak bisa hanya berdasarkan keluhan demam saja. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menegakkan diagnosis klinis demam berdarah dengue yaitu minimal dua kriteria klinis dan dua kriteria laboratoris. Berikut adalah kriteria klinis yang muncul antara lain:
    1. Demam tinggi mendadak selama kurang lebih 7 hari
    2. Adanya manifestasi perdarahan spontan seperti gusi berdarah, mimisan, bintik merah di kulit (petekie), hingga bisa muncul keluhan perdarahan di organ dalam
    3. Adanya pembesaran hepar (hepatomegali)
    Kriteria laboratoris yang muncul antara lain:
    1. Penurunan kadar trombosit
    2. Peningkatan kadar hematokrit
    Perlu juga dilakukan pemeriksaan serologi IgG dan IgM antidengue yang menunjukkan hasil positif. Oleh karena itu saya tidak bisa menjawab apakah penyebab keluhan anda akibat demam berdarah dengue atau bukan.

    Keluhan demam dan pilek sendiri sangat banyak sekali penyebabnya misalnya karena infeksi saluran napas baik karena virus, bakteri atau pun kuman lainnya.
    Untuk memastikan penyebab pasti keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Demam dan Pusing 3 Hari, Mungkinkah DBD?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.