• Dok anak saya berumur 5 bulan. Hampir 5 hari mengalami demam. 2 hari pertama demamnya mencapai 37_40° menurun setelh diberi obat sanmol dan amoxan namun setelahnya demamnya kembali naik. pada hari ketiga dan ke 4 demamnya menurun dan stabil di angka 36_37° . Namun pada hari ke 5 demamnya meningkat yaitu sekitat 37_38°. Dan tidak ada gejala lain selain demam.. nafsu makan masih baik. Namun minum susunya sedikit menurun tetapi masih bisa dibilang baik.. apakah anak saya harus cek darah dok? Dan apakah demamnya masih wajar? Nohon jawabannya dok.. trimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Sehingga jika dilihat dari definisi tersebut, Suhu tubuh anak anda masih dalam batas normal. Penyebab demam ada beberapa hal, antara lain bisa karena kondisi badan yang terlalu lelah, kekurangan cairan (dehidrasi), keganasan , atau penyebab tersering adalah karena infeksi. Infeksi yang terjadi bisa karena bakteri, virus, jamur ataupun mikroorganisme lainnya.

    Jika anak masih aktif bermain, tak ada keluhan lain yang menyertai selain nafsu makan yang menurun, serta masih mau banyak minum maka sebenarnya tak perlu dilakukan cek darah. Apalagi suhu tubuh juga tak tinggi. Agar suhu tubuh anak anda tak melebihi 37,5 derajat celsius maka bisa diberikan asupan  cairan dalam jumlah cukup baik dengan air putih, jus buah, susu ataupun minuman lainnya yang memang diinginkan anak selama higienitasnya terjamin. Jika memang suhu tubuh meningkat maka bisa mengkonsumsi obat penurun panas seperti paracetamol, perbanyak asupan cairan serta jaga asupan makanan dan istirahat yang cukup. Observasi atau amati keadaan anak anda. Jika dengan penatalaksanaan tersebut, suhu tubuh makin meningkat maka silakan periksakan langsung ke dokter agar dapat ditentukan diagnosis penyebab keluhan anak anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Demam Tinggi pada Bayi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.