• Dokter saya mau tanya, suami saya sudah 2 hari sakit. Demam tinggi, mual dan muntah-muntah, nyeri sendi terutama bagian ekor sampai ke kaki, telapak kaki dingin, sudah minum obat panas tapi ga ada perubahan, kira2 suami saya sakit apa ya dokter?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Perlu dilakukan pengukuran dengan termometer untuk mengetahui peningkatan suhu tersebut. Demam bisa disebabkan karena banyak hal. Apalagi jika keluhan demam baru berlangsung selama kurang dari 3 hari maka keluhan ini memiliki diagnosis banding yang sangat banyak karena gejala yang menyertainya pun hampir mirip antara penyebab satu dengan lainnya.

    Berikut beberapa penyebab demam disertai mual muntah yang mungkin terjadi antara lain:

    1. Infeksi pada saluran cerna ini bisa disebabkan karena virus, bakteri ataupun mikroorganisme lainnya. Keluhan yang muncul biasanya berupa demam, mual, muntah. Seringkali disertai keluhan diare (BAB cair sebanyak lebih dari 3 kali dalam sehari).
    2. Demam typhoid. Merupakan infeksi saluran cerna akibat bakteri Salmonella typhi ataupun Salmonella paratyphi. Keluhan demam berlangsung lebih dari 7 hari. Keluhan lain yang menyertai bisa berupa mual, muntah, diare atau malah konstipasi (sembelit) dan lain sebagainya.
    3. Infeksi akibat virus hepatitis yang mengenai organ hati (hepar) ini bisa menunjukkan gejala berupa demam, mual, muntah. Namun biasanya disertai keluhan badan kuning yang tampak pada mata, kulit, ataupun lidah.
    4. Penyebab lainnya

    Oleh karena itu untuk memastikan silakan diperiksakan langsung ke dokter. Obat penurun panas seperti paracetamol bisa diulang sebanyak 4 sampai 6 kali sehari jika memang suhu tubuh belum kembali normal.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Demam Tinggi, Muntah-muntah, dan Nyeri Sendi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.