• Selamat siang dokter.

    Saya berusia 22 tahun. Kemarin saya mengalami demam cukup tinggi (39 derajat celcius) disertai sakit kepala, lemas, lidah terasa pahit dan asam serta otot mata terasa kaku. Seminggu sebelumnya saya kerap mengalami pendarahan di gusi. Saat ini demam saya sedang turun, tapi gejala lain masih terasa. Apakah perlu untuk diperiksakan ke dokter / puskesmas terdekat ? Terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena kekurangan cairan (dehidrasi), keganasan , namun yang paling sering adalah karena infeksi. Infeksi yang terjadi bisa karena bakteri, virus, jamur ataupun mikroorganisme lainnya. Infeksi juga bisa menyerang organ tubuh manapun misal saluran cerna, saluran napas, dsb. Karakteristik demam sebenarnya sangat membantu menentukan penyebab keluhan tersebut, apakah demamnya tinggi mendadak, hilang timbul, demam terus menerus, dan lain sebagainya. Demam yang baru berlangsung kurang dari 3 hari sering terjadi pada banyak penyakit infeksi dan umumnya gejala penyertanya mirip antara infeksi satu dengan lainnya (misal sakit kepala, nyeri sendi, badan lemas, nafsu makan menurun, mata tampak perih dan lain sebagainya) sehingga masih agak sulit menentukan kemungkinan penyebabnya.

    Keluhan yang anda alami bisa saja terjadi akibat infeksi oleh karena demam dengue, typhus, malaria ataupun penyakit lainnya. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang sesuai untuk menegakkan diagnosis penyakit anda. Jika demam baru berlangsung 1 hingga 3 hari anda masih bisa melakukan observasi sendiri di rumah sambil tetap mengkonsumsi obat penurun panas seperti paracetamol, perbanyak asupan cairan serta jaga asupan makanan dan istirahat yang cukup. Namun jika demam telah berlangsung 4 hari atau lebih maka saya sarankan anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium. Konsultasikan ke dokter terdekat dengan daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

Beranda Tanya Dokter Demam Tinggi Selama Satu Hari, Perlukah Periksa Ke Dokter ?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.