• anakku demam pada hari selasa malam, pertolongan pertama aku kompres karena belum turun padahal sudah dikasih prasetamol.hari kamis aku bawa ke DSA. diberi obat penurun demam dan puyer serta salep karena demamnya disertai batuk pilek dan ada bintik bintik kecil diwajah kata DSA itu cacar air.setelah minum obat dari DSA, demam turun dan batuk sambil muntah mengeluarkan dahak..pertanyaan saya kenapa demamnya masih naik turun dan batuk pileknya belum sembuh..? Apa yang sebaiknya saya lakukan menghabiskan obat dulu dari dokter? perlukan cek darah untuk mengetahui penyebab demamnya.terima kasih..maaf kadang saya kuatir berlebihan.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Infeksi saluran napas yang muncul dengan gejala demam, batuk dan pilek bisa disebabkan karena infeksi virus, bakteri atau sebab lainnya. Jika karena infeksi virus maka terapi yang diberikan hanyalah simptomatik saja untuk mengatasi keluhannya. Misalnya diberikan obat anti demam seperti paracetamol, obat batuk seperti OBH sirup, gliceryl guaiacolat, ambroxol dan lain sebagainya. Asalkan daya tahan tubuh pasien baik, maka infeksi virus akan cepat teratasi. Sehingga perlu asupan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan kadang perlu diberikan suplemen untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Namun jika penyebabnya karena infeksi bakteri maka perlu pemberian antibiotik supaya bakteri bisa dieliminasi dan kondisi tubuh kembali normal.

    Pemeriksaan laboratorium darah sebenarnya tidak perlu diindikasikan jika demam berlangsung dalam waktu kurang dari 3 hari. Pemeriksaan darah penting dilakukan jika demam berlangsung selama 4 hari atau lebih untuk memastikan penyebab keluhan tersebut. Oleh karena itu jika demam baru berlangsung di hari pertama hingga ketiga, maka cukup diberikan obat paracetamol dan obat simptomatik lainnya. Pemberian paracetamol dengan dosis 10-15mg/kgBB tiap kali pemberian, bisa diulang tiap 4 jam jika keluhan demam tidak membaik. Namun jika keluhan demam masih belum membaik selama 4 hari atau lebih maka dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Demamnya Naik Turun, Bagaimana Menanganinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.