• ass.wr.wb dok saya ingin bertanya tante saya penyakit diabetes ada yang bilang diabetes itu nular dari air liur dan gunting kuku itu bener atau bukan ya dok?
    terimakasih.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Diabetes melitus atau kencing manis bukanlah penyakit menular. Jika ada yang mengatakan bahwa penyakit ini menular melalui air liur, gunting kuku, urine, jabatan tangan dan lain sebagainya maka hal tersebut adalah mitos atau tidaklah benar. Penyebab munculnya penyakit ini bisa karena faktor genetik hingga karena pola hidup yang tak sehat misalnya riwayat obesitas (kegemukan) dan lain sebagainya. Diabetes melitus merupakan penyakit kelainan metabolik akibat gangguan pada hormon insulin yang mengakibatkan meningkatnya kadar gula dalam darah.

    Gejala awal yang sering muncul berupa mudah lapar, mudah haus, sering kencing, hingga keluhan gatal –  gatal. Untuk mengetahui kadar gula dalam darah tinggi atau tidak maka perlu dilakukan pemeriksaan kadar gula darah baik gula darah sewaktu, gula darah puasa, atau kadar gula darah 2 jam sesudah makan. Ada beberapa upaya untuk mengontrol kadar gula dalam darah mulai dari menjaga asupan makanan, berolahraga yang teratur hingga konsumsi obat penurun kadar gula darah misalnya metformin.

    Silakan baca link terkait keluhan anak anda:

    Sering Haus? Hati-hati Gejala Diabetes

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Diabetes Menular atau Tidak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.