• Dok, mau tanya, mama saya terkena diabetes neuropati, pada kaki jari telunjuknya mengalami luka dan telah dibalut selama 1 thn lbh, baru2 ini ketika dicek, jari telunjuk tersebut harus dipotong sepanjang 1 cm, agar tidak menjalar lebih jauh, apakah memang itu adalah solusi terbaik dok, atau ada solusi lain? Kalau dipotong, apakah perlu melakukan pengecekan darah dll, berhubung mama saya terkena diabetes..           terima kasih

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Diabetes melitus atau kencing manis merupakan penyakit peningkatan kadar gula darah yang dapat menyebabkan banyak komplikasi ke organ – orgab tubuh. Salah satu komplikasi tersering dari diabetes melitus adalah adanya gangguan pada persarafan atau biasa disebut dengan istilah neuropati diabetik. Kadar gula darah yang sangat tinggi bisa menyebabkan kerusakan serabut – serabut saraf perifer.

    Neuropati diabetik ini menyebabkan berkurangnya sensasi nyeri pada organ tubuh pasien. Hal ini paling sering terjadi pada tangan dan kaki. Hal ini menyebabkan pasien tidak menyadari bagian tubuhnya terluka dan saat kadar gula darah sangat tinggi serta akibat infeksi membuat luka sukar sembuh dan lama kelamaan bisa menjadi borok.

    Tidak semua keluhan ulkus dan juga neuropati diabetik harus langsung diamputasi. Namun jika memang penyebaran infeksi dan gangguan persarafan sudah terjadi hingga menimbulkan nekrosis jaringan (kematian jaringan) maka memang tindakan paling baik adalah dengan melakukan amputasi. Dokter yang melakukan pemeriksaan pada orang tua anda tentu lebih paham dengan kondisi orang tua anda serta dapat memilihkan pengobatan terbaik. Ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter pemeriksa jika memang terasa ada yang mengganjal sehinggga mendapat penjelasan lebih detail.

    Sebelum dilakukan tindakan amputasi (pemotongan) memang biasanya dilakukan pengecekan kadar gula darah terlebih dahulu untuk pemantauan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dok, untuk jawabannya, cuma saya liat kondisi jari mama saya, pas saya pegang, masih ada rasa sakit,  dan tidak hitam, kalau sy dgr dr org, amputasi it kalau sdh tidak ada rasa sakit atau dan sudah berwarna hitam, bener ga Dok, terima kasih

Beranda Tanya Dokter Diabetes Neuropati, Apa Solusinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.