• Dok,bayi saya berumur 3 bulan, setelah minum sufor 30 menit kemudian BAB, setiap minum susu selalu BAB,tetapi dia tdk demam,tidak muntah dan tidak turun timbangannya malah naik. Apakah anak saya terkena diare dok? Saya uda berobat kesalah satu dokter,katanya anak saya elergi susu sapi,trus saya ganti susu kedelai. Malah tambah parah BAB nya dok, kuning,berair dan ada darahnya.saya jadi bingung dok. padahal dari dulu saya kasih susu sapi gak apa apa, trus saya ganti morinaga malah mencret.Mohon penjelasannya dok.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Diare atau buang air besar berulang hingga 4 kali atau lebih pada bayi disertai konsistensi cair dapat disebabkan oleh banyak hal. Jika tidak disertai demam dan terjadi setelah diberi susu formula maka kemungkinan bisa saja akibat alergi susu sapi atau hanya karena ketidakcocokan terhadap satu produk tertentu. Pemberian susu formula memang sering kali menimbulkan keluhan pada anak berupa alergi, karena memang sebenarnya yang paling baik adalah pemberian air susu ibu (ASI). Alergi akibat susu formula sendiri ada yang berlangsung cepat yaitu segera setelah pemberian namun ada juga yang berlangsung lambat yaitu setelah beberapa jam hingga beberapa hari setelah pemberian.

    Kadang anak juga bisa mengalami ketidakcocokan terhadap satu produk susu formula tertentu namu cocok dengan produk yang lain. Jika memang menurut anda anak tidak bermasalah dengan pemberian susu formula sebelumnya, maka bisa diberikan lagi produk awal tersebut sambil dipantau apakah anak masih terus diare setelah konsumsi susu tersebut. Jika memang keluhan diare masih terus berlanjut, maka anak bisa dicoba dengan pemberian susu yang mengandung partially hidrolized protein atau bahkan susu yang mengandung extensive partially hidrolized jika memang anak benar mengalami alergi. Ada baiknya anda konsultasi ulang dengan dokter anak di daerah anda agar mendapat penanganan yang tepat sesuai kondisi anak anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Diare pada Anak Bayi, Akibat Susu Formula?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.