• Selamat pagi, Dok.

    Usia saya 17 tahun. Pada hari Senin, 8 Agustus saya kehujanan kemudian sampai di rumah langsung mandi dan makan nasi+ayam goreng+sambal. Setelah itu saya tidak makan lagi sampai hari Selasa siang. Barulah hari selasa, 9 Agustus saya makan siang dg semangkuk mie instan yang tidak pedas. Sekitar jam 2 siang, perut saya tiba2 terasa mules & saya pun BAB (tapi saya lupa apakah saat itu (maaf) mencret atau tdk). Selang 1 jam kemudian, badan sy mulai trasa nyeri, suhu tubuh prlahan naik, dan trasa lemas. Meskipun bgitu, sy sempat makan gorengan+cabai walau tdk bnyk. Apalagi sy kmbali kehujanan. Setibanya d rmh, sy demam (walau sprtnya tdk tinggi), nafsu mkn hilang, menggigil n berkeringat, srta diare. Kondisi ini sy alami hingga hari Rabu sore tgl 10 Agustus. Prut sy trasa perih yg hilang timbul walau tdk sering (rasa prih ni trjd tdk stiap wkt). Hari2 brikutnya yg saya rasakan adlh perut mules dan diare (dg feses cair maupun semi cair). Sy sudah minum obat, minum air yg ckp, tp blm ada prubahan. Hingga pd hari Sabtu 13 Agustus dini hari, trdpt darah merah segar disertai lendir bening dg jumlah yg sngt sdkit pd feses sy yg jg sdkt dan cair. Sy tdk mrsakan rsa skit saat buang air, hny mules sblm buang air.

    Dan kjdian ini trulang lg hari Senin 15 Agustus tngah malam. Lagi2 trdpt darah yg tersamar, feses sy brlndir sprti ingus, jmlhnya tdk trlalu bnyk(tp jls sdkt lbh bnyk drpd sblmnya). Tdk ada rasa sakit saat buang air, tp sy mrsa mules(rasa mules yg dirasakan org kbnyakan pd saat mau pup) sblmnya.

    Kira2 ini gejala penyakit apa ya, Dok? Mohon jawabannya. Terima kasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab buang air besar berdarah sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa sebab. Pada kasus yang anda alami dengan keluhan seperti yang anda ceritakan, nampaknya masih ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan tersebut yaitu antara lain karena:

    Hemorrhoid atau ambeien. Penyakit ini masih mungkin menjadi penyebab keluhan anda mengingat buang air besar yang berulang – ulang anda alami. Terkadang BAB berulang bisa menyebabkan keluhan tambahan berupa munculnya ambeien.
    Infeksi saluran cerna misalnya karena disentri baik karena Amoeba disentri atau shigela disentri bisa menyebabkan keluhan diare berdarah. Definisi diare adalah buang air besar lebih dari 3 kali dalam satu hari dengan konsistensi feses atau tinja yang berubah menjadi cair. Jika keluhan anda tidak memenuhi kriteria tersebut maka sebenarnya belum bisa dikatakan diare.
    Dan masih banyak lagi.
    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara langsung di daerah tempat anda tinggal. Karena dalam forum ini saya tak bisa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung kepada anda serta tak bisa melakukan pemeriksaan penunjang sehingga hanya bisa membantu menjelaskan beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan keluhan anda. Tatalaksana yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Diare yang Terkadang Disertai Darah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.