• Halo dok, saya arbi, Maaf kalau saya mengganggu aktifitas dokter.

    Saya mau menanyakan keluhan sakit yang sudah lama saya derita

    Di dalam hidung saya ada gumpalan daging yang membulat kemerahan, tepatnya di bagian hidung sebelah kiri (sekarang sudah tersumbat) yang mengakibatkan saya susah untuk bernafas normal, semakin hari gumpalan daging nya semakin besar, beberapa kali saya mimisan (tapi ngga sering), saya sangat mudah tertular flu/bersin-bersin kalau ada orang yang tidak sengaja bersin di dekat saya, faktor abu juga bisa cepat flu, terus saya juga sering mengalami pening di kepala (tepatnya di bagian tengah jidat) kalau lagi flu.

    Saya sudah coba minum obat flu yang banyak dijual di apotik, tapi sembuhnya lama, bahkan kadang sampai habis obatnya satu papan, saya juga belum sembuh.

    Kira-kira apa ya nama sakit yang saya derita ini dok ?

    Lalu, bagaimana cara penanganan yang tepat dan aman untuk penyembuhan sakit saya ini dok ?

    mohon agar kiranya dokter mau berbagi tips nya untuk mengantisipasi atau bahkan bisa mengobati sakit yang saya alami ini dok.

    terimakasih atas waktunya dokter untuk membaca pertanyaan saya ini, besar harapan saya agar kiranya dokter memberikan tips yang terbaik untuk saya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan anda berupa humpalan daging yang membulat kemerahan, tepatnya di bagian hidung sebelah kiri dan menyebabkan gejala hidung tersumbat dan susah untuk bernafas normal mungkin terjadi akibat polip hidung. Polip hidung adalah suatu pertumbuhan jaringan yang bertangkai pada rongga hidung dan bersifat jinak. Polip sering berkaitan dengan riwayat alergi misalnya rinitis alergi ataupun asma sehingga jika anda sering pilek, bersin – bersin saat ada faktor pencetus seperti udara dingin, debu dan lain sebagainya maka sering merangsang pertumbuhan polip.

    Jika ukuran polip kecil maka umumnya tak bergejala dan seringkali tidak butuh pengobatan namun jika ukurannya cukup besar maka sering menimbulkan gejala berupa:

    • Sumbatan pada hidung (hidung terasa mampet dan sulit bernapas)
    • Bersin-bersin
    • Keluar ingus di hidung
    • Post nasal drip (cairan atau ingus mengalir di belakang kerongkongan)
    • Berkurangnya penciuman
    • Gejala lainnya

    Pengobatan polip ada beberapa cara antara lain dengan pengobatan medikamentosa misal dengan obat kortikosteroid semprot hidung ataupun dengan obat oral. Selain itu bisa diberikan obat anti histamin dan antibiotik. Antibiotik diberikan pada kasus polip yang timbul akibat infeksi. Jika polip berukuran besar maka harus dilakukan tindakan operatif.

    Namun saat ini yang terpenting adalah memastikan penyebab keluhan anda dengan berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis THT. Karena perlu dilakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan apakah keluhan anda akibat polip atau sebab lainnya.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Didalam Hidung Ada Gumpalan Daging Bulat yang Memerah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.