• dok, saya barusan membaca artikel dokter, bahwa trombosit bisa turun karna kafein, kebetulan saya pecandu kopi, 3 hari ini saya demam, tadi pagi saya cek lab, trombosit saya 105.000, kira2 digigit nyamuk apa karena kopi?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kadar normal trombosit berkisar antara 150.000 – 400.000/mm3. Penurunan kadar trombosit hingga 105.000 bukan karena konsumsi kafein. Apalagi anda sudah mengalami demam selama 3 hari, maka kemungkinan terdekat adalah akibat demam berdarah dengue (DBD). DBD merupakan penyakit akibat infeksi virus Dengue. Ada beberapa gejala klinis yang menjadi ciri pasien DBD yaitu antara lain:

    • Demam tinggi mendadak, biasanya berlangsung selama 5 hingga 7 hari.
    • Muncul gejala perdarahan spontan, misalnya adanya petekie atau bercak merah di kulit, gusi berdarah, mimisan, bahkan hingga perdarahan di saluran cerna
    • Kadang bisa disertai hepatomegali ( pembesaran hati)
    • Dan lain sebagainya

    Selain gejala klinis tersebut di atas, harus dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk menunjang kriteria diagnosis DBD. Dari hasil pemeriksaan darah ditemukan adanya penurunan kadar trombosit dan peningkatan hematokrit. Hasil pemeriksaan serologi antibodi dengue juga menunjukkan hasil positif baik IgM dan ataupun IgG anti dengue ataupun dilakukan pemeriksaan lainnya yang diperlukan.

    Selain karena DBD, penyebab penurunan trombosit juga bisa disebabkan oleh penyakit –penyakit lainnya. Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan anda sebaiknya periksakan diri anda secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga dapat ditegakkan diagnosis penyakit secara tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Trombosit Turun Akibat Digigit Nyamuk atau Kopi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.