• Dear doctors.

    Beberapa hari ini 4 hari tepatnya fases saya berdarah padahal tidak keras.  Sepertinya dibagian kanan karena fases bercampur darah hanya dibagian kanan dan sesekali menetes. Dan saat saya bgtu saat buang angin berasa kurang enak di mulut anus berasa seperti sehabis bab yg pedas.   Mohon bantuannya ini gejala penyakit apa.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

     

    Buang air besar berdarah bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayangnya dalam forum ini anda kurang mendeskripsikan karakteristik darah yang keluar seperti warna darah apakah merah segar atau kehitaman dan keluhan lainnya. Berikut akan saya jelaskan beberapa kemungkinan penyebab buang air besar berdarah yaitu antara lain karena :

    • Hemorhoid atau ambeien adalah penyebab keluhan BAB berdarah yang paling sering. Darah yang keluar biasanya berwarna merah segar. Ada beberapa faktor pencetus keluhan ini antara lain karena kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, feses yang keras, kehamilan, dan lainnya.
    • Gastritis erosif merupakan gangguan lambung yang menyebabkan mukosa lambung mengalami luka dan perdarahan. Penyebabnya banyak hal mulai dari riwayat sakit maag dalam jangka waktu lama, efek samping obat – obatan tertentu, dan lain sebagainya. Keluhan yang muncul antara lain BAB berwarna merah kehitaman, nyeri perut dan lain sebagainya.
    • Infeksi saluran cerna karena disentri juga bisa menyebabkan keluhan  BAB berdarah, bisa bercampur lendir pada fesesnya. BAB berlangsung lebih dari 3 kali dalam sehari dan keluhan lainnya
    • Penyebab lain

     

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Silakan kunjungi dokter terdekat di daerah anda.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter BAB Berdarah Padahal Fases Tidak Keras

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.