• Pantangan penyakit prostat

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf pertanyaan anda kurang spesifik dan informasi yang disampaikan juga sangat terbatas. Sebagai informasi untuk anda, ada banyak penyakit atau gangguan pada prostat. Penyakit prostat bisa karena tumor baik jinak maupun ganas, ataupun juga karena infeksi oleh mikroorganisme tertentu.

    Penyakit prostat akibat pembesaran prostat jinak (Benign Prostat Hyperplasia) sering terjadi pada usia lanjut. BPH menyebabkan beberapa keluhan berkemih yaitu antara lain kencing yang tidak lampias, sering kencing malam hari, menetesnya air kemih terutama saat akhir kencing, hingga keluhan tidak bisa kencing yang dialami pasien. Keluhan tidak bisa kencing ini tentu sangat mengganggu, pasien bisa sangat kesakitan akibat kandung kemih yang sangat teregang akibat air kemih yang tak bisa keluar. Oleh karena itu perlu pemasangan kateter untuk membantu mengeluarkan air kemih. Pembesaran prostat ini umumnya memerlukan tindakan operatif untuk mengatasinya. Tidak ada pantangan yang harus dijalani pasien dengan BPH.

    Penyakit prostat lainnya antara lain infeksi pada kelenjar prostat atau prostatitis. Keluhan yang muncul bisa berupa nyeri prostat, sulit berkemih, nyeri berkemih, demam dan masih banyak lagi. Tatalaksana penyakit ini dengan pemberian obat – obatan, misal antibiotik jika penyebabnya karena infeksi bakteri serta obat simptomatik lainnya untuk mengurangi keluhan. Tidak ada pantangan yang perlu dijalani pasien dengan penyakit ini.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Dok, Apa Pantangan Penyakit Prostat?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.