• dok kenapa bau kemaluan istri saya tidak sedap. padahal bermacam pembersih udah di coba.. bau ini muncul 2 tahun belakangan ini.. sejak hamil dulu..

     

     

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Informasi yang anda sampaikan sebenarnya kurang detail karena penyebab kemaluan yang menimbulkan bau kurang sedap bisa disebabkan banyak hal mulai dari masalah ringan ataupun masalah tertentu yang lebih serius. Keluhan ini juga bisa disertai keluhan lainnya seperti keluarnya cairan dari vagina atau biasa disebut keputihan yang warnanya beraneka ragam, misal keluar cairan berwarna kecoklatan, kekuningan, kehijauan, dan lain sebagainya. Keluhan kemaluan yang kurang sedap bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain sebagai berikut:

    1. Keringat yang berlebihan di sekitar area kemaluan bisa menimbulkan bau yang tak sedap.
    2. Banyaknya kotoran yang menumpuk di sekitar kemaluan juga bisa menjadi sumber keluhan ini. Kemaluan wanita yang berlipat – lipat menyebabkan banyak kotoran yang berasal dari keringat, hasil produksi kelenjar vagina, kulit – kulit mati yang menumpuk dan lain sebagainya tertinggal di lipat vagina. Jika tidak dibersihkan dengan baik maka kotoran yang menumpuk ini lama kelamaan akan menimbulkan bau tak sedap.
    3. Kurang menjaga kebersihan area kemaluan, misal jarang mengganti pakaian dalam juga menjadi penyebab. Area ini mudah sekali lembab sehingga pakaian dalam yang lembab bisa menjadi salah satu faktor yang menambah kejadian kemaluan berbau tak sedap.
    4. Infeksi genitalia sering menjadi penyebab utama. Biasanya disertai dengan keluarnya cairan dari vagina. Penyebab infeksi bisa beraneka ragam. Misal karena infeksi jamur (Candidiasis, dsb), infeksi bakteri atau vaginosis bakterialis, ataupun karena infeksi parasit dan mikroorganisme lainnya. Untuk menentukan mikroorganisme penyebab perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang misal dengan pemeriksaan cairan keputihan yang keluar oleh dokter.
    5. Penyebab lainnya

    Ada baiknya istri anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhannya.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bau Tidak Sedap di Kelamin Wanita

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.