• Saya mau tanya dok,saya pke kb suntik 3bln tapi efeknya haid terus sampai bulan desember 3x dalam sebulan tpi ngeplek.  nah tanggal 17 desember harusnya  jadwal ulang tapi saya berhenti kb suntik 3bln kalau sekarang saya pake kb pil bisa gak dok?  Terus mulai minumnya dari kapan?

    Selamat sore, terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com

    Ngeflek terus-menerus setelah suntik KB 3 bulan merupakan efek samping yang sering terjadi dan itu sebenarnya Wajar saja, nanti ketika ibu sudah suntik beberapa kali maka akan ada adaptasi dari tubuh sehingga ngeflek yang muncul akan berkurang.

    Namun apabila Ibu tidak nyaman dengan kondisi tersebut, Ibu boleh memilih metode kontrasepsi yang lain.

    Jika Ibu berencana ingin menggunakan pil KB, maka sebaiknya diminum ketika jadwal suntik itu tiba. Jika sudah terlewat maka tunggulah waktu menstruasi datang. ketika menstruasi hari keempat sampai ketujuh itulah waktu yang baik untuk memulai pil KB. Sambil menunggu menstruasi sebaiknya menggunakan kontrasepsi berupa kondom bagi suami.

    Sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Dok Mau Bertanya Masalah KB

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.