• Pada saat itu saya BAB yg keras dan mengenjak terlalu keras sehingga saat itu pula darah mulai keluar di BAB berikutnya malah mengeluarkan darah padahal BABnya tdk keras apakah itu bahaya dok?sudah 3 hari ini saya BAB berdarah

    Lalu bagaimana cara mengobatinya terimakasi dok

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    BAB yang keras dan mengejan terlalu kuat sering kali menimbulkan keluhan baru berupa BAB berdarah. BAB berdarah yang muncul terjadi karena ambeien atau wasir. Dalam istilah kedokteran wasir disebut juga sebagai hemorhoid. Jika sudah terjadi hemorhoid maka tak heran jika saat BAB berikutnya akan keluar darah dari feses meskipun tidak keras ataupun tak mengejan terlalu kuat. Hal ini terjadi karena pembuluh darah anus yang sudah terlanjur melebar. Selain BAB berdarah, keluhan wasir lainnya adalah keluar benjolan dari dalam anus. Namun ini terjadi jika wasir sudah makin memberat.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi wasir salah satunya dengan pemberian obat – obatan untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar seperti ardium, boraginol dan lainnya hingga tindakan operatif. Selain itu ada baiknya anda menjaga asupan makanan anda dengan memperbanyak makanan mengandung serat, perbanyak konsumsi air putih, hindari kebiasaan menahan BAB, serta perbanyak olahraga. Hal ini penting dilakukan agar keluhan wasir tidak memberat dan tak berulang terlalu sering. Untuk memastikan tindakan terbaik yang perlu diberikan bagi anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter secara langsung. Hal ini penting untuk menegakkan diagnosis dan memilih terapi yang paling tepat.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Terimakasi atas saran dan infonya ya dok?

Beranda Tanya Dokter Dok Kenapa BAB Mengeluarkan Darah? Apa Solusinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.