• dok saya mau tanya.knp saya malas makan.sekali makan ingn nya porsi besar.dan sering tidur malas malasan.kira kira saya kena penyakit cacingan atau apa dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan malas makan, sekali makan inginnya dalam porsi yang besar serta sering tidur malas – malasan sebenarnya tidak terlalu berkaitan dengan gejala cacingan, namun lebih kepada gaya hidup dan kebiasaan yang anda lakukan selama ini. Ada baiknya anda membiasakan diri untuk makan dengan tepat waktu, dalam porsi kecil namun sering. Jadwal makan yang baik sebenarnya terdiri dari 3 kali makan besar ( maksudnya adalah makan pagi, makan siang dan makan malam dalam porsi cukup dan tak terlalu banyak sesuai kebutuhan kalori anda yang disesuaikan dengan usia, aktivitas sehari – hari dan parameter lainnya) serta 2 kali makan kecil atau camilan diantara makan besar tersebut ( misalnya diberikan camilan 2 hingga 3 potong cookies atau kue-kue). Porsi makan yang terlalu banyak dalam satu waktu dapat membuat pelonjakan kadar gula darah yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan tubuh lebih mudah mengantuk. Sehingga salah satu upaya untuk mengurangi keluhan tersebut adalah dengan mengatur pola makan anda.

    Untuk keluhan cacingan sendiri sebenarnya tergantung jenis cacing yang menginfeksi, serta organ tubuh yang terinfeksi. Gejala yang muncul juga berbeda – beda tergantung hal – hal tersebut. Misalnya saja cacing kremi, gejala yang muncul bisa berupa nyeri perut, mual, gatal pada anus dan lain sebagainya. Cacing pita yang menyerang pada usus dapat menyebabkan keluhan nyeri perut, mual, diare, gangguan penyerapan makanan, berat badan menurun dan lain sebagainya.

    Jika memang keluhan dirasakan memberat, ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    trima kasih dok sarannya

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Tak Nafsu Makan?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.