• dokter ko cantengan saya kga ilang ilang ya dokter,padahal udah pernah dicabut ko kaga ilang ilang ya dokter cara ilanginya bagai mana ya dokter .

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan cantengan sering sekali dialami berulang. Cantengan dalam istilah kedokteran disebut juga dengan paronikia. Paronikia adalah infeksi yang mengenai jaringan lunak di sekitar kuku, dan sering kali infeksi ini menyebar dan mengenai jaringan kuku hingga menimbulkan nekrosis / kematian kuku. Paronikia bisa disebabkan karena infeksi bakteri hingga jamur. Gejala yang muncul bisa akut ataupun kronis.

    Gejala paronikia antara lain berupa :

    • Nyeri pada area sekitar kuku
    • Jaringan sekitar kuku tampak kemerahan
    • Bengkak
    • Kadang muncul pus (nanah).

    Jika tidak diobati, maka seringnya infeksi menyebar dari jaringan lunak hingga ke kuku. Kuku bisa terlepas dari bantalannya jika infeksi terjadi menyeluruh.

    Banyak yang menanyakan kenapa keluhan ini sering sekali berulang . Hal ini sebenarnya banyak penyebabnya bukan hanya karena pengobatan yang dilakukan tidak adekuat namun juga akibat kebiasaan individu tersebut yang kurang baik. Cantengan sering berulang pada seseorang yang sering memotong atau membersihkan kuku hingga terlalu dalam, penggunaan alat pembersih kuku kurang terjaga kebersihannya sehingga memudahkan infeksi, penggunaan alas kaki yang terlalu sempit, kebiasaan menggigit kuku, hingga terlalu lembabnya kuku jari. Oleh karena itu yang terpenting bukan selalu hanya tentang pengobatan saja namun bagaimana cara kita menghindarkan diri dari faktor resiko yang kita buat sendiri itu tadi .

    Beberapa upaya yang dilakukan untuk pencegahan antara lain:

    1. Menghindari kebiasaan memotong dan membersihkan kuku terlalu dalam
    2. Gunakan alat pemotong kuku yang bersih
    3. Jangan menggunakan alas kaki yang terlalu sempit
    4. Jika saat melakukan pemotongan kuku terjadi perlukaan, maka ada baiknya dicuci bersih jari – jari tersebut dengan air bersih dan sabun, lalu oleskan dengan zat antiseptik seperti povidone iodine.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Menghilangkan Cantengan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.