• Dok, 3 hari lalu, saya bab tapi keras hingga saya ngeden dan keluar darah segar banyak dok, padahal hari biasanya (sebelumnya) juga pake ngeden segala tapi tidak sampai keluar darah, dan kadang kalo lagi ngeden kadang ada sesuatu yang keluar dari anus, hingga setelah selesai bab sering merasa ada yang masih belum keluar, tadi “sesuatu” tadi bisa masuk kedalam anus lagi dok, pertanyaannya apakah itu wasir ?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Ya, keadaan yang anda alami kemungkinan besar adalah karena ambeien atau wasir. Dalam dunia kedokteran, ambeien disebut juga dengan hemorhoid. Hemorhoid merupakan penyakit pelebaran pembuluh darah di rektum dan anus. Hemorhoid memiliki beberapa stadium tergantung keparahan gejala yang muncul. Pada tahap awal, hemorhoid memiliki gejala klinis berupa buang air besar berdarah, bisa disertai atau tanpa nyeri. Pada stadium lebih lanjut, keluhan BAB berdarah akan disertai keluar benjolan (pembuluh darah) dari dalam anus yang awalnya bisa masuk sendiri dengan spontan, lalu lama kelamaan harus dibantu dimasukkan kembali dengan tangan dan pada tahap akhir benjolan tersebut tidak bisa dimasukkan kembali walaupun dibantu dengan tangan.

    Hemorhoid terjadi awalanya karena kebiasaan mengejan yang terlalu kuat, feses yang keras dan ditambah kurangnya asupan makanan berserat dan asupan cairan. Oleh karena itu ada baiknya anda menjaga asupan makanan anda dengan memperbanyak makanan mengandung serat, perbanyak konsumsi air putih, serta hindari kebiasaan menahan BAB. Silakan anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis keluhan yang anda alami. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan agar bisa diketahui kondisi penyakit yang anda alami sehingga dapat ditentukan terapi yang paling sesuai untuk kondisi anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Oh, terima kasih dok,

Beranda Tanya Dokter Dok, Saya Sembelit atau Wasir ?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.