• saya mengalami gatal gatal hampir 2 bulan dok, awalnya hanya gatal-gatal biasa yang saya kira akan sembuh dengan sendirinya, tapai lama kelamaan gatalnya semakin parah sempai seluruh badan merasakan gatal seperti kaki, lengan, perut atau pusar, bokong mr.v, pingang, ketiak bagian luar, payudara dan banyak lagi, saya sudah kedokter katanya alergi terus dikasih obat alerginya sembuh sebentar dan kambuh lagi semakin parah seperti sekarang,

    saya tidak tau sakit saya ini apa,bagaimana cara penyembuhannyadok?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal merupakan kondisi umum yang pasti pernah dirasakan oleh semua individu, baik usia muda maupun usia tua. Gatal sebenarnya merupakan respon normal tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit. Penyebab gatal sangat banyak selain merupakan kondisi fisiologis tubuh (normal) juga bisa karena penyakit tertentu yang mendasarinya. Hampir semua penyakit kulit memiliki keluhan gatal sebagai salah satu gejala yang muncul, biasanya disertai keluhan bintik – bintik merah atau berisi air ataupun bentol pada kulit. Sehingga sebenarnya perlu penggalian informasi secara lebih detail disertai pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang pada kulit guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal yaitu antara lain:

    1. Karena xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu.
    2. Dermatitis alergi menjadi salah satu penyebab keluhan gatal yang paling sering. Ada faktor alergen yang mencetuskan keluhan ini baik berupa makanan, bahan kimia tertentu, udara, binatang dan lain sebagainya.
    3. Urtikaria juga menyebabkan gatal yang disertai bentol – bentol pada kulit akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, dsb.
    4. Miliaria juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bintik – bintik kecil. Keluhan ini bisa terjadi karena keringat yang berlebihan.
    5. Infeksi jamur pada kulit juga menjadi salah satu penyebab keluhan gatal. Ditambah lagi keringat berlebih akan menambah rasa gatal yang muncul pada kulit.
    6. Penyebab lainnya

    Tatalaksana yang diberikan tergantung diagnosis penyakitnya. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan gatal tersebut. Oleh karena itu silakan memeriksakan kondisi anda kembali secara langsung ke dokter agar bisa ditegakkan diagnosis pastinya. Namun jika memang karena alergi, maka pengobatan utama dan yang paling penting adalah dengan menghindari faktor alergen yang mencetuskan serangan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Dok, Saya Gatal Hampir Seluruh Bagian Kulit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.