• Dok anak saya minggu yang lalu panas batuk dan pilek 1 mingguan terus sama dokter tes darah terus indikasinya wbc (darah putih) dalam tubuh terlalu tinggi. terus sama dokternya udah dikasih obat. Tapi nyatanya suhu tubuh dibadannya naik turun gk sembuh2

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Leukosit atau disebut juga sebagai sel darah putih memiliki kadar normal sekitar 4500 hingga 10700. Kadar leukosit yang melebihi normal disebut juga sebagai leukositosis. Penyebabnya beraneka ragam. Pada kasus yang anda alami dimana pasien mengalami demam, batuk, pilek maka kemungkinan besar penyebab keluhan leukositosi adalah karena infeksi bakteri. Kemungkinan bakteri penyebab sangat banyak tergantung dari hasil pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang dari dokter yang menangani anda. Sebagai informasi untuk anda, untuk mengatasi proses infeksi yang sedang berlangsung memang membutuhkan waktu  yang cukup sehingga kuman bisa dieradikasi dengan sempurna. Pemberian antibiotik biasanya butuh waktu berkisar antara 5 hingga 7 hari atau bahkan lebih lama untuk mengatasi proses infeksi suatu bakteri. Hal ini tergantung juga dari daya virulensi kuman penyebab. Jika daya virulensi kuman sangat tinggi kadang suatu antibiotik kurang cukup membantu untuk mengatasi kuman tersebut sehingga perlu diganti jenis antibiotik lain atau ditingkatkan dosis terapinya.

    Jika memang pasien sudah mendapat terapi selama 5 hari atau lebih dengan antibiotik namun belum ada perbaikan sebaiknya memang diperiksakan kembali ke dokter untuk mendapatkan obat lanjutan sesuai dengan hasil pemeriksaan saat itu.

    Berikut akan saya lampirkan juga beberapa artikel terkait yang membahas masalah seperti yang anda alami:

    7 Penyebab Leukosit Tinggi (Leukositosis)

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter WBC (darah Putih) Tinggi Bahaya Kah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.